Tips Produktif Saat Minim Motivasi



Terkadang kita merasa tidak bisa melakukan apapun karena sedang tidak punya motivasi. Wah, kalau seperti itu gawat dong! Trus kapan bergeraknya kalau harus selalu menunggu si motivasi ini datang?

Padahal nyatanya, motivasi itu adalah hasil dari proses yang dilakukan setiap orang. Bukan keajaiban. Bukan sesuatu yang muncul dari luar lalu menggerakkan diri kita. Juga bukan syarat dari sebuah kesuksesan.

Nah dari buku The Motivation Myth, ada tips untuk kita semua agar bisa selalu produktif di hari kerja meski kita sedang minim motivasi.

1. Raih keberhasilan kecil di setiap harinya

Agar kita bisa terus termotivasi, cobalah raih kesuksesan kecil setiap harinya. Jika ini dilakukan secara konsisten, maka otak kita pun jadi menyimpan memori bahwa kita sering mendapat kesuksesan.

Tentunya untuk bisa mendapatkan kesuksesan-kesuksesan kecil ini, kita harus rajin memulainya sendiri terlebih dahulu. Jadi di situlah tantanganya.

Buatlah awal langkah pertama terlebih dahulu sebagai target yang sudah kita buat. Sesuatu tidak akan berjalan bahkan terlihat hasilnya jika kita tidak memulainya terlebih dahulu.

Jadi dari pada banyak berpikir nanti targetnya akan mencapai apa, seperti apa, mengumpulkan berbagai macam cara yang bisa kita lakukan, lebih baik segeralah melakukan sesuatu yang memang harus segera kita lakukan.

2. Fokuslah pada proses dan lupakan tujuan

Tanamkan pada diri sendiri bahwa tujuan itu memang penting tapi hal tersebut bukanlah segala-galanya. Yang terpenting, tanamkan mindset bahwa proses itu lebih punya peran besar dari sebuah kesuksesan.

3. Tidak menarget kesempurnaan secara absolut

Setiap dari kita tentunya ingin meraih sesuatu yang maksimal. Tapi, jangan jadikan target yang kita ingin kejar itu sebagai hal absolut yang harus tercapai.

Namun jangan juga kemudian kita jadi orang yang mudah puas, dan mengerjakan segala sesuatu apa adanya.

4. Lakukan sesuatu dengan banyak cara

Saat kita menarget sesuatu, buatlah beberapa kemungkinan yang bisa kita lakukan, yang membuat kita berpeluang meraih target lewat salah satu langkah yang sudah kita lakukan.

5. Bekerja dalam waktu yang ekstrim

Untuk mencapai sebuah target, cobalah lakukan dengan fokus dalam waktu yang cukup lama. Misalnya 11 hingga 12 jam. Ini adalah salah satu cara untuk mereset cara kerja kita bekerja. Jadinya ketika berhasil, kita punya kepercayaan diri untuk bisa lebih produktif.  

Untuk melakkan hal ini, buatlah blok watu selama 12 jam. Mulailah kerja dari waktu lebih awal hari. Terutama pagi hari di mana kondisi tubuh dan otak masih fresh. Kemudian lakukan kerja dengan fokus tanpa ada gangguan dari manapun. Setelah itu, luangkan waktu untuk beristirahat.

 

Jadi faktanya, motivasi itu sebetulnya bisa muncul kalau kita terus bergerak lho ya. Bukan cuma duduk diam menunggu si motivasi itu datang.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Semangat Elsa Maharrani Menjadikan Masa Depan Sebagai Sesuatu yang Mudah Diraih