10 Semangat Elsa Maharrani Menjadikan Masa Depan Sebagai Sesuatu yang Mudah Diraih


Mendirikan usaha di bulan Februari 2019. Setahun kemudian pandemi Covid-19 menerjang Indonesia. Tapi yang unik, bisnisnya justru meraih keuntungan meningkat tiga kali lipat. Kini, bisnis tersebut makin tumbuh dan berkembang serta menjadi tempat bergantungnya mata pencaharian banyak orang.

Itulah gambaran kesimpulan yang saya lihat dari bisnis Maharrani, sebuah brand fashion asli Indonesia yang berpusat di Kota Padang, Sumatera Barat. Di balik bisnis tersebut, ada banyak cerita inspiratif dari Elsa Maharrani sebagai pemiliknya serta tim Maharrani yang membuat usaha ini jadi tumbuh dengan melesat.

Nah kali ini, saya ingin berbagi beberapa poin istimewa dari kisah hidup Elsa Maharrani serta bisnisnya yang barangkali dapat menjadi inspirasi positif bagi kita semua. Terutama, nilai moral yang bisa kita petik untuk modal meraih masa depan yang lebih baik dan memungkinkan untuk diraih.

Dalam perjalanan hidupnya, Elsa dan Maharrani telah menorehkan kisah inspiratif yang membawa perubahan besar dalam bisnisnya, Maharrani, dan di sekitar kampung jahit. Kisah suksesnya mengajarkan kita banyak hal tentang semangat, perjuangan, dan tekad yang luar biasa. Dalam artikel ini, kita akan melihat sepuluh semangat Elsa Maharrani yang membantu meraih kesuksesan bisnis dan pemberdayaan masyarakat yang luar biasa.

1. Terbiasa Berdagang Sejak Kecil

Elsa telah terbiasa dengan dunia perdagangan sejak usia sangat muda, bahkan sejak kelas 2 SD. Krisis ekonomi pada tahun 1998 memotivasi Elsa dan saudara-saudaranya untuk menjual kue buatan ibunya. Pengalaman ini membantu Elsa mengasah keterampilan berdagangnya.

2. Berpikir Luas

Meskipun awalnya berpikir bahwa bisnis pakaian hanya cocok di Jawa, Elsa dan suaminya memutuskan untuk mencoba membangun usaha produksi pakaian di Padang, Sumatera Barat. Mereka merasa bahwa memiliki visi bisnis yang lebih besar daripada sekadar mencari keuntungan pribadi.

3. Mengatasi Keterbatasan

Meskipun tidak bisa menjahit, Elsa tidak membiarkan keterbatasan ini menghentikannya. Ia mencari penjahit yang bersedia bekerja sama. Bahkan di kemudian hari ketika usahanya makn berkembang besar,  ia juga memberikan pelatihan bagi para penjahit yang bermitra dengannya.

4. Mengajak Para Ibu Rumah Tangga

Elsa dan timnya membantu ibu-ibu rumah tangga di sekitarnya untuk membangun bisnis busana, memberdayakan mereka dengan pelatihan menjahit, dan memberikan mereka kesempatan untuk bekerja secara profesional. Elsa pun rutin mengaakan kajian keislaman yang bisa diikuti para mitra penjahitnya agar wawasan keislaman makin bertambah.

5. Visi yang Lebih Besar

Elsa dan suaminya memiliki visi bisnis yang lebih besar daripada sekadar mencari keuntungan pribadi. Mereka ingin memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar dan membantu menggerakkan perekonomian.

6. Dukungan Keluarga

Elsa dan suaminya adalah pasangan yang saling melengkapi. Suaminya bertanggung jawab mengatur sistem bisnis, sementara Elsa adalah tipe orang yang sangat mahir dalam pemasaran.

7. Menggabungkan Pengalaman

Pengalaman Elsa sebagai agen dan reseller merek busana terkenal membantunya memahami pasar dan trik penjualan. Ia memanfaatkan pengetahuan ini saat memulai bisnis Maharrani.

8. Manajemen dan Riset yang Baik

Elsa dan timnya melakukan riset untuk memahami kebutuhan pelanggan mereka. Mereka selalu berusaha memahami perubahan tren pasar dan menyesuaikan produksi mereka sesuai kebutuhan pelanggan.

9. Meningkatkan Kapasitas Penjahit

Maharrani membangun sistem manajemen yang kuat, termasuk SOP, sistem kontrak kerja, dan sistem bagi hasil. Mereka memberikan pelatihan kepada para penjahit untuk memastikan kualitas produk yang baik.

10. Mimpi untuk Masa Depan

Elsa bermimpi agar Maharrani terus berkembang dan model kampung jahit dapat diterapkan di berbagai daerah. Ia ingin memberdayakan lebih banyak perempuan untuk bekerja sambil tetap menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga.

Kisah inspiratif Elsa Maharrani adalah bukti nyata bahwa dengan semangat, kerja keras, dukungan keluarga, dan niat baik, kita bisa mencapai kesuksesan besar dan memberdayakan masyarakat di sekitar kita. Kesuksesan Maharrani bukan hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang membuka peluang bagi wanita untuk berkarya dan berkarir dari rumah sambil memenuhi peran sebagai ibu rumah tangga. Semangat Elsa Maharrani adalah contoh inspiratif yang mengajarkan kita bahwa masa depan bisa diraih dengan tekad yang kuat dan tekad yang baik.

Kiprah Elsa dalam mengembangkan Maharrani ini pun akhirnya membuat ia meraih SATU Indonesia Awards di tahun 2021 dalam bidang kewirausahaan dalam ajang tersebut. Ini dikarenakan Elsa dan Maharrani tak hanya menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan, akan tetapi juga berdampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat di sekitarnya.


semua foto bersumber dari Instagram @elsamaharrani


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Produktif Saat Minim Motivasi